Tepuk Tangan Melatih Keterampilan Motorik Anak

Sebuah studi penelitian yang dilakukan dari Ben-Gurion University of the Negev tentang manfaat lagu yang dinyanyikan sambil bertepuk tangan, ternyata memberikan hasil adanya suatu hubungan langsung dengan peningkatan aktivitas dan keterampilan perkembangan yang penting terhadap anak-anak, remaja, hingga remaja dewasa.

Dalam penelitiannya ditemukan bahwa, anak-anak kelas satu, dua dan tiga di sekolah dasar yang menyanyikan lagu tersebut sambil bertepuk tangan ternyata dapat dibandingkan kemampuannya dengan anak-anak yang tidak ikut dalam kegiatan tersebut. Hal tersebut diungkapkan oleh Dr. Idit Sulkin, anggota BGU Music Science Lab in the Department of the Arts.

Penelitian tersebut juga ditemukan bahwa dengan bertepuk tangan dapat membantu melatih keterampilan motorik anak sehingga menghasilkan menulis dengan lebih baik, tulisan yang rapi, dan hanya sedikit membuat kesalahan dalam mengeja.

Seorang psikolog musik, Dr. Warren Brodsky bersama dengan seorang doktor yang mengawasi kegiatan tersebut mengungkapkan, bahwa kegiatan tepuk tangan dapat melatih otak dan mempengaruhi perkembangan daerah otak dan lainnya. Sedangkan manfaat lain yaitu anak-anak diajarkan untuk melatih integritas sosialnya dengan teman-temannya, sehingga kemampuan sosialisasinya lebih baik.

Dalam studi tersebut, Dr. Sulkin bersama dengan timnya melakukan kunjungan di beberapa sekolah dasar dan memberikan latihan lagu sambil bertepuk tangan. Dan hal tersebut dilakukan selama 10 minggu. Selama penelitian, anak-anak yang bernyanyi ditemani oleh Dr. Sulkin yang juga ikut bergabung. Kegiatan tersebut tentu untuk melihat kondisi anak-anak, apakah mereka terhibur dan terpesona dalam menyanyikan lagu sambil melakukan tepuk tangan. Alhasil, kegiatan tersebut ternyata menjadi salah satu hiburan bagi anak-anak di sekolah dasar.

Dr. Sulkin mengatakan, "Dalam waktu yang singkat, anak-anak memiliki kemampuan kognitif yang baik serta membantu kemampuan motoriknya dalam melakukan aktivitas. Maka sebaiknya, hal tersebut masuk dalam pendidikan untuk anak usia 6-10 tahun dengan tujuan meningkatkan kemampuan motorik dan kognitifnya." Ia juga menambahkan, bahwa lagu anak-anak yang dinyanyikan sambil bertepuk tangan biasanya dibawakan oleh anak balita hingga usianya menjelang 10 tahun. Dan jika diamati, kegiatan tersebut berfungsi sebagai acuan untuk mengembangkan serta meningkatkan kebutuhan emosional, fisiologis, sosiologis dan kognitif anak-anak hingga tahap pertumbuhan berikutnya.


Source : melindahospital.com

Telah Dibaca :
blog counter


Share
Related Stories Widget by LinkWithin