Persiapan Liburan Bareng Si Kecil

Wah..long week end datang lagi ni..! Pengumuman cuti bersama meski mendadak bisa diambil manfaat positif buat jalan-jalan bareng keluarga. Rencana liburan yang asyik tentunya butuh persiapan yang benar meskipun sudah kita rencanakan jauhjauh hari, apalagi munculnya rencana agak mendadak. Tapi jangan khawatir, dengan persiapan singkat tapi tepat, liburan bareng keluarga pasti jadi asyik.Nah, apa saja sih kira-kira yang perlu Ayah Bunda persiapkan untuk mengisi liburan bareng si Kecil..? Berikut hal-hal yang perlu disiapkan agar acara liburan tetap asyik dan bebas dari kerewelan si Kecil :

Rancang sejak awal. 
Rencanakan bersama pasangan kira-kira kapan, kemana, dan berapa lama liburan kali ini. Sesuaikan rencana berlibur dengan dana yang ada. Rencanakan pula akomodasinya, dimana tempat menginap, sarana transportasi yang digunakan, umum atau pribadi, dan lain sebagainya.

Pilih tempat berlibur. 
Sebaiknya lokasi liburan tidak terlalu jauh karena perjalanan jauh atau lama bisa menyebabkan si kecil bosan dan rewel. Selain itu, pilihlah tempat berlibur yang dapat dinikmati semua anggota keluarga. Untuk memberikan gambaran awal tentang lokasi tempat liburan kepada anak, orangtua dapat menunjukkan gambar-gambar tempat wisata tersebut, lalu ceritakan secara singkat apa saja yang akan ditemui di sana, kegiatan apa yang dapat dilakukan, dan sebagainya. Ikutkan juga si Kecil untuk tahu tujuan liburan. Berikan ilustrasi tentang tempat liburan yg fun. Si Kecil pasti akan sangat antusias dan tidak sabaran nungguin waktu datangnya liburan.

Periksa kesehatan si kecil. 
Sebaiknya pastikan sebelum berangkat, cek jadwal imunisasi si kecil. Lalu, persiapkan obat-obatan yang kemungkinan diperlukan selama liburan.

Siapkan perlengkapan.
Di antaranya:
* Tas perlengkapan bayi. 
Tas khusus ini digunakan untuk menyimpan segala kebutuhan si kecil. Kebutuhan si kecil sebaiknya terkonsentrasi pada satu tas, dan tidak bercampur dengan perlengkapan pakaian orangtua atau saudaranya.
* Popok dan pakaian. 
Pada saat berlibur atau beraktivitas di luar, sebaiknya si kecil menggunakan popok celana sekali pakai karena lebih praktis, sehingga si kecil nyaman bergerak dan bebas rewel. Pilihlah popok celana sekali pakai yang memiliki perlindungan menyeluruh agar kulit bayi tetap kering dan memiliki bahan ekstra lembut untuk kulit sehat si kecil. Sediakan popok serta pakaian yang cukup. Jangan sampai si kecil kekurangan popok atau pakaian, sebab dapat membuatnya tak nyaman.
* Tisu basah.
Berguna untuk membersihkan bagian kelamin dan bokong setelah pipis di perjalanan, membersihkan tangan setelah makan-minum, membersihkan wajah dari keringat, dan lain-lain. Pilih tisu yang tak mengandung alkohol sehingga tidak membuat kulitnya kering dan aman buat si kecil.
* Mainan.
Si kecil biasanya rewel kala merasa bosan. Dengan membawa mainan kesukaannya, setidaknya ada aktivitas yang bisa dilakukan selama perjalanan untuk mengusir kejenuhan.
* Makanan bayi.
Persiapkan makanan ringan dan makanan berat untuk si kecil di perjalanan. Jangan sampai ia kelaparan dan rewel. Bawa serta perlengkapan makan dan minumnya. 

Selebihnya, ciptakan suasana fun mulai dari persiapan sampai acara liburan...Pasti seru kan..??!







Telah dibaca :
 free web counter Counter Powered by  RedCounter

Share
Related Stories Widget by LinkWithin